Sering Ribut Sama Istri Soal Duit? Lakukan Ini Biar Gak Cerai

Jakarta, CNBC Indonesia – Masalah keuangan rumah tangga tentu bisa berdampak serius ke masa depan hubungan pernikahan pasangan suami istri (pasutri). Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyebutkan bahwa dari 516 ribu kasus perceraian yang terjadi di 2022, sebesar 75% adalah cerai gugat, dan masalah ekonomi menjadi salah satu masalah yang menjadi penyebab hal tersebut terjadi.

Perencana keuangan sekaligus penulis buku I Will Teach You To Be Rich, Ramit Sethi, mengatakan bahwa penyebab masalah keuangan dalam rumah tangga bukan hanya disebabkan karena kebiasaan masing-masing pasangan seputar uang, melainkan juga tentang mindset yang memicu tindakan mereka dalam pengelolaan keuangan.

Sethi mengambil contoh salah satu kasus yang dialami nasabahnya yaitu Alissa dan Jesse. Pasangan ini memiliki gaya hidup seputar keuangan yang sangat bertolak belakang.

Allisa tumbuh di keluarga dengan status ekonomi pas-pasan. Alhasil, saat Alissa ingin membeli sesuatu maka orangtuanya selalu mengingatkannya untuk menabung.

“Kalau orangtua Anda pernah mengatakan kalimat itu (menyuruh menabung), Anda mungkin memiliki pemikiran yang lebih maju (soal keuangan) daripada 50% orang seusia Anda,” ujar Sethi, seperti dikutip CNBC Make It.

Lantas bagaimana cara Sethi untuk menangani masalah keuangan pasangan seperti ini? Berikut ulasannya.

Pasangan seperti ini tetap bisa jadi kaya

“Ketika Anda ingin mengubah hubungan Anda dengan uang, maka Anda tidak akan bisa melakukannya hanya dalam satu kali pembahasan saja. Ini membutuhkan waktu yang cukup lama, seringkali proses ini terasa sangat lambat, namun percayalah bahwa ini adalah hal yang normal terjadi, pelan-pelan saja dan Anda akan meraih keberhasilan dalam semua ini,” lanjut Sethi.

Pada intinya, komunikasi adalah kunci utama bagi pasangan yang memiliki masalah ini. Sethi meminta kedua pasangan itu untuk mengungkapkan pendapatnya seputar keuangan dari hal yang sederhana.

Pastinya, sebagai perencana keuangan, Sethi juga melakukan penelusuran terhadap pengeluaran mereka dan melakukan identifikasi terkait hal-hal yang bisa diperbaiki.

Alhasil, ada kemajuan yang dialami Alissa dan Jesse terkait pengelolaan keuangan.

Kedua pasangan ini mulai melakukan pembahasan seputar keuangan secara rutin di waktu yang mereka tentukan. Masing-masing dari mereka mengutarakan rencana yang bakal mereka lakukan ke depan. https://ceretemas.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*